mesothelioma lawyer boston,blog mesothelioma attorneys,arkansas mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,mesothelioma lawyer massachusetts,mesothelioma attorney tennessee,asbestos cancer lawyers

Tips Mendapatkan Nilai Publikasi Ilmiah pada Kegiatan PKB

Posted by Gya Edu Wednesday, April 13, 2016 0 comments
Publikasi ilmiah pada kegiatan PKB ada tiga kelompok kegiatan, yaitu:
Presentasi pada forum ilmiah, Publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal,  Publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan atau buku pedoman guru


A. Presentasi pada Forum Ilmiah

Jika Anda sering menjadi narasumber atau pemateri di seminar-seminar atau pelatihan, untuk mendapatkan nilai angka kredit PKB, maka yang perlu Anda siapkan adalah makalah materi yang Anda sajikan, surat keterangan/sertifikat/piagam .
Makalah yang disiapkan haruslah makalah yang sesuai dengan materi pada saat menjadi narasumber dan haruslah materi yang juga berhubungan dengan keprofesian Anda sebagai guru.
Publikasi Hasil Penelitian atau Gagasan Inovatif pada Bidang Pendidikan Formal
Apabila Anda pernah membuat laporan hasil penelitian, tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah popular, atau artikel ilmiah, maka Anda dapat mempublikasikan untuk mendapat nilai PKB dengan syarat:
                1.  Laporan Hasil Penelitian

Laporan hasil penelitian adalah karya tulis ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru di sekolah/madrasahnya dan sesuai dengan tupoksinya, antara lain dapat berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas.  Dengan catatan laporan hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam bentuk buku ber-ISBN dan telah mendapat pengakuan BSNP, atau , atau laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah ilmiah/jurnal ilmiah diedarkan secara nasional dan terakreditasi, atau laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi, atau laporan hasil penelitian yang disusun menjadi artikel ilmiah diterbitkan/ dipublikasikan dalam majalah/jurnal ilmiah tingkat kabupaten/kota, dan laporan hasil penelitian yang diseminarkan di sekolah/madrasahnya dan disimpan di perpustakaan.

2.  Tinjauan Ilmiah di Bidang Pendidikan Formal dan Pembelajaran
Makalah tinjuan ilmiah adalah karya tulis guru  yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolah/madrasahnya). Agar dapat dinilai, maka harus melengkapi makalah asli atau fotokopi dengan surat pernyataan tentang keaslian dari kepala sekolah/ madrasah disertai dengan tanda tangan dari kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan, serta didukung oleh surat keterangan dari kepala perpustakaan sekolah/madrasah yang menyatakan bahwa arsip dari buku/jurnal/makalah tersebut telah disimpan di perpustakaan sekolah/ madrasahnya. 

3.  Tulisan Ilmiah Populer
Karya ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau sejenisnya). Karya ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi ini merupakan kelompok tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bersangkutan. Bukti fisik yang diperlukan berupa guntingan (kliping) tulisan dari media massa  yang memuat karya ilmiah penulis, dengan pengesahan dari kepala sekolah/madrasah. Pada guntingan media massa tersebut harus jelas nama media massa serta tanggal terbitnya.  Bila berupa fotokopi harus ada surat pernyataan dari kepala sekolah/madrasah yang menyatakan keaslian karya ilmiah populer yang dimuat di media massa tersebut.  

4.  Artikel Ilmiah dalam Bidang Pendidikan
Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan adalah   tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. Bukti fisik berupa jurnal ilmiah asli atau fotokopi  yang menunjukkan adanya nomor  ISSN, surat keterangan akreditasi untuk tingkat nasional, (atau surat keterangan bahwa jurnal tersebut adalah tingkat nasional tetapi tidak terakreditasi), surat keterangan bila jurnal tersebut diterbitkan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota, atau tingkat lokal (kabupaten/ kota/sekolah/madrasah) Bila satu artikel ilmiah yang sama  dimuat di beberapa majalah/jurnal ilmiah, maka  yang dapat dinilai hanya satu dan dipilih artikel yang berpeluang angka kreditnya terbesar.  Semua bukti fisik di atas memerlukan surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/ madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan. 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Mendapatkan Nilai Publikasi Ilmiah pada Kegiatan PKB
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/04/tips-mendapatkan-nilai-publikasi-ilmiah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Informasi Pendidikan Nasional.