mesothelioma lawyer boston,blog mesothelioma attorneys,arkansas mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,mesothelioma lawyer massachusetts,mesothelioma attorney tennessee,asbestos cancer lawyers

9 Perilaku Guru yang Menandakan Kurang Kompeten

Posted by Gya Edu Monday, April 18, 2016 0 comments
INFORMASI-Ada 9 perilaku guru yang dapat dijadikan dasar bahwa guru yang bersangkutan kurang kompeten. Apasaja 9 perilaku tersebut? Berikut penjelasannya.


  1. Guru yang kompetensinya kurang, biasanya sering melakukan hal yang mencolok misalnya mengajar atau memberikan catatan yang membingungkan dan tidak jelas. Sering kali guru tersebut bingung, melompat dari pokok bahasan yang satu ke pokok bahasan yang lain, pelajaran atau catatannya tidak teratur dan tidak konsisten.
  2. Guru yang tidak kompeten sering bersikap apatis terhadap murid. Ia tidak memperhatikan situasi dan kondisi kelas atau murid, tidak mau menghafal nama murid, menolak pendapat dan pertanyaan murid, dan sangat jarang mengadakan diskusi kelas.
  3. Guru yang tidak kompeten juga sering menggunakan teknik dan strategi ulangan atau tes yang tidak adil. Ia sering menggunakan trik pertanyaan, membuat pertanyaan yang tidak ada kaitannya dengan catatan atau pelajaran, memberikan soal dan tugas yang terlalu sulit, mengajukan pertanyaan yang membingungkan, dan tidak menyiapkan remidi.
  4. Guru yang tidak kompeten akan memberikan pelajaran dari presentasi yang membosankan, tidak bergairah, berbicara dengan nada yang monoton, terlalu sering mengulang kata-kata, tidak memiliki variasi, dan berbicara terus tanpa memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya.
  5. Guru yang tidak kompeten juga biasanya kalau menjelaskan terlalu cepat dalam berbicara, langsung keisi materi, menggunkan istilah yang rumit, tidak mengabaikan keingintahuan murid, tidak peduli terhadap kebingungan murid, dan terus menjelaskan atau memberikan informasi terhadap sesuatu. Selain itu biasanya juga memberikan tugas proyek atau pekerjaan rumah yang terlalu banyak.
  6. Guru yang tidak kompeten tidak menguasai mata pelajaran atau pokok bahasan yang diampu. Ia tidak memahami materi pelajaran yang diampu, tidak mampu menjawab pertanyaan murid, memberikan informasi yang tidak tepat, tidak mampu memperluas wacana atau materi pelajaran, dan sering kali penjelasannya kurang mengandung pembaharuan dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman.
  7. Guru yang kurang kompeten memiliki gaya bahasa atau dialek yang berbeda dengan para murid. Hal tersebut dapat mengganggu proses pembelajaran, misalnya sulit dimengerti, sering menimbulkan salah paham, sulit menyesuaikan terhadap bahasa murid, berbicara terlalu keras atau cepat, dialeknya berbeda sehingga terkesan lucu atau aneh.
  8. Guru yang kurang kompeten biasanya kurang menguasai tata bahasa dan pengejaan yang benar. Ia sering salah mengucapkan kata-kata atau istilah tertentu, sering salah menyusun kalimat dan sering menggunakan istilah asing yang tidak sesuai atau bahkan ia sendiri tidak memahaminya.
  9. Guru yang kumpeten juga sering menggunakan volume suara yang kurang tepat. Ia kurang keras dalam berbicara, sering kali terlalu lembut atau sebaliknya terlalu keras dalam berbicara.
Nah itu tadi 9 perilaku guru yang menandakan guru tersebut kurang kompeten. Apakah guru tersebut termasuk Anda, atau saya, dan atau semua guru? Marilah kita intropeksi diri kita masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat. Maju terus pendidikan di Indonesia.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 9 Perilaku Guru yang Menandakan Kurang Kompeten
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/04/9-perilaku-guru-yang-menandakan-kurang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Informasi Pendidikan Nasional.