mesothelioma lawyer boston,blog mesothelioma attorneys,arkansas mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,mesothelioma lawyer massachusetts,mesothelioma attorney tennessee,asbestos cancer lawyers

Pembelajaran Berbasis Proyek

Posted by Gya Edu Thursday, April 14, 2016 0 comments
PEMBELAJARAN- Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based-learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Prinsif-Prinsif Pembelajaran Berbasis Proyek
Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah pembelajaran dengan menggunakan tugas proyek sebagai metode pembelajaran. Para peserta didik bekerja secara nyata, seolah-olah ada di dunia nyata yang dapat menghasilkan produk secara nyata atau realistis. Prinsif yang mendasari pembelajaran berbasis proyek sebagai berikut.
1.        Pembelajaran berpusat pada peserta didik yang melibatkan tugas-tugas pada kehidupan nyata untuk memperkaya pembelajaran.
2.        Tugas proyek menekankan pada kegiatan penelitian berdasarkan suatu tema atau topik yang telah ditentukan dalam pembelajaran.
3.        Penyelidikan atau eksperimen dilakukan secara autentik dan menghasilkan produk nyata yang telah dianalisis dan dikembangkan berdasarkan tema/topik yang disusun dalam bentuk produk (laporan atau hasil karya).
Produk tersebut selanjutnya dikomunikasikan untuk mendapat tanggapan dan umpan balik untuk perbaikan produk.
Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Proyek

Dalam PBP, peserta didik diberikan tugas dengan mengembangkan tema/topik dalam pembelajaran dengan melakukan kegiatan proyek yang realistis. Disamping itu, penerapan pembelajaran berbasis proyek ini mendorong tumbuhnya kreativitas, kemandirian, tanggung jawab, kepercayaan diri, serta berpikir kritis dan analitis pada peserta didik. Secara umum, langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek digambarkan dalam bentuk diagram berikut.

  1. Penentuan proyek
  2. Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek
  3. Penyusunan jadwal pelaksanaan proyek
  4. Penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring oleh guru
  5. Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek
  6. Evaluasi proses dan hasil proyek
Demikan informasi kali ini, semoga bermanfaat:D
 













TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pembelajaran Berbasis Proyek
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/04/pembelajaran-berbasis-proyek.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Informasi Pendidikan Nasional.