mesothelioma lawyer boston,blog mesothelioma attorneys,arkansas mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,mesothelioma lawyer massachusetts,mesothelioma attorney tennessee,asbestos cancer lawyers

Apakah yang Dimaksud dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)?

Posted by Gya Edu Tuesday, March 1, 2016 0 comments
KURIKULUM 2013- adalah penyempurnaan dan penguatan terhadap kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Salah satu aspek yang disempurnakan dalam Kurikulum 2013 adalah standar kompetensi lulusan (SKL).

SKL adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, SKL juga digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. SKL terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
SKL adalah tolak ukur atau kriteria sukses belajar peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu. Oleh karena itu, rumusan SKL itu sama untuk setiap jenjang pendidikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa SKL itu adalah profil lulusan, yaitu sebuah kompetensi impian yang diharapkan dimiliki oleh setiap lulusan pada jenjang tertentu.
SKL merupakan gambaran sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diimpikan dimiliki oleh setiap peserta didik yang telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan tertentu. SKL merupakan kompetensi yang harus dikuasai atau dimiliki oleh peserta didik ketika lulus pada jenjang tertentu. Ini artinya, SKL SD adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik yang telah lulus jenjang SD. SKL SMP adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik yang telah lulus jenjang SMP. Dan SKL SMA adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik yang telah lulus jenjang SMA.
SKL dalam Kurikulum 2013 tidak berbasis mata pelajaran, ini karena SKL untuk semua mata pelajaran pada semua kelas pada jenjang tertentu adalah sama. Inilah yang membedakan SKL Kurikulum 2013 dengan SKL KTSP. SKL KTSP berbasis mata pelajaran, sehingga rumusan SKL tiap mata pelajaran berbeda.

Demikian informasi seputar Kurikulum 2013, semoga bermanfaat:D
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Apakah yang Dimaksud dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)?
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/03/apakah-yang-dimaksud-dengan-standar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Informasi Pendidikan Nasional.