mesothelioma lawyer boston,blog mesothelioma attorneys,arkansas mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,mesothelioma lawyer massachusetts,mesothelioma attorney tennessee,asbestos cancer lawyers

Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013

Posted by Gya Edu Friday, June 17, 2016 0 comments

Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013

Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa dalam rangka mencapai suatu tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran kooperatif, yaitu sebagai berikut:

  1. Hasil belajar akademik, yaitu untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik. Pembelajaran model ini dianggap unggul dalam membantu kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit.
  2. Penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang.
  3. Pengembangan keterampilan sosial, yaitu untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa diantaranya berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memncing teman untuk bertanya, berani mengungkapkan ide-ide, dan bekerja dalam kelompok.

Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif, adalah sebagai berikut:

  • Siswa belajar dalam kelompok secara bersama-sama dalam rangka menuntaskan materi belajarnya.
  • Kelompok bersifat heterogen, yakni terdiri dari anggota siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.
  • Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok atau hasil diskusi kelompok daripada perorangan.

Sintak model pembelajaran kooperatif

Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Contoh kegiatan menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa diantaranya: guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, menekankan pentingnya topik, dan memotivasi siswa belajar.
Menyajikan informasi
Contoh kegiatan menyajikan informasi diantaranya: guru menyajikan informasi atau materi kepada siswa dengan metode demontrasi atau melalui bahan bacaan.
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Contoh kegiatan  mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar diantaranya: guru menjelaskan kepada siswa bagaimana membentuk kelompok dan membimbing setiap kelompok agar melakukan tugas masing-masing anggotanya secara efektif dan efisien.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Contoh kegiatan membimbing kelompok bekerja dan belajar diantaranya: guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat siswa mengerjakan tugas.
Evaluasi
Contoh kegiatan evaluasi diantaranya: guru mengevaluasi hasil kerja siswa tentang materi yang telah diisi siswa atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Memberikan penghargaan
Contoh kegiatan memberikan penghargaan diantaranya: guru mencari cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu siswa atau kelompok.
 
 
 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/06/model-pembelajaran-kooperatif-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Informasi Pendidikan Nasional.