Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013
Friday, June 17, 2016
0
comments
Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013
Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013 |
Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa dalam rangka mencapai suatu tujuan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran kooperatif, yaitu sebagai berikut:
- Hasil belajar akademik, yaitu untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademik. Pembelajaran model ini dianggap unggul dalam membantu kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit.
- Penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar siswa menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai macam latar belakang.
- Pengembangan keterampilan sosial, yaitu untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa diantaranya berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memncing teman untuk bertanya, berani mengungkapkan ide-ide, dan bekerja dalam kelompok.
Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif, adalah sebagai berikut:
- Siswa belajar dalam kelompok secara bersama-sama dalam rangka menuntaskan materi belajarnya.
- Kelompok bersifat heterogen, yakni terdiri dari anggota siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.
- Penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok atau hasil diskusi kelompok daripada perorangan.
Sintak model pembelajaran kooperatif
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswaContoh kegiatan menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa diantaranya: guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, menekankan pentingnya topik, dan memotivasi siswa belajar.
Menyajikan informasiContoh kegiatan menyajikan informasi diantaranya: guru menyajikan informasi atau materi kepada siswa dengan metode demontrasi atau melalui bahan bacaan.
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajarContoh kegiatan mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar diantaranya: guru menjelaskan kepada siswa bagaimana membentuk kelompok dan membimbing setiap kelompok agar melakukan tugas masing-masing anggotanya secara efektif dan efisien.
Membimbing kelompok bekerja dan belajarContoh kegiatan membimbing kelompok bekerja dan belajar diantaranya: guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat siswa mengerjakan tugas.
EvaluasiContoh kegiatan evaluasi diantaranya: guru mengevaluasi hasil kerja siswa tentang materi yang telah diisi siswa atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Memberikan penghargaanContoh kegiatan memberikan penghargaan diantaranya: guru mencari cara untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu siswa atau kelompok.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Model Pembelajaran Kooperatif pada Kurikulum 2013
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/06/model-pembelajaran-kooperatif-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
0 comments:
Post a Comment