mesothelioma lawyer boston,blog mesothelioma attorneys,arkansas mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,mesothelioma lawyer massachusetts,mesothelioma attorney tennessee,asbestos cancer lawyers

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Terbaru Kelas IV Tema 2 ST 1 PB 1

Posted by Gya Edu Tuesday, September 6, 2016 0 comments

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Terbaru Kelas IV Tema 2 ST 1 PB 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD
Kelas/Semester            : IV/1(Satu)
Tema/Subtema/PB      : Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi/ 1
Waktu                         : 6 x 35 menit
A.    Kompetensi Inti
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

IPA
3.5
Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
3.5.1
Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari
4.5.1
Menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari.
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
3.1.1
Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.
4.1.1
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan
Bahasa Indonesia
3.2
Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual
4.2
Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan
3.2.1
Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati.
4.2.1
Menuliskan gagasan pokok dari teks
C.    Materi
·         Perubahan bentuk energi matahari dan manfaatnya
·         Gagasan pokok dan pendukung
·         Sumber daya alam
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.     Siswa memulai kegiatan dengan berdoa.
2.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
3.     Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan:
-          Siapa yang tahu sumber energi apa yang paling besar bagi bumi?
4.     Siswa difasilitasi guru agar dapat memahami berbagai sumber energi
10 menit
Kegiatan Inti
KEGIATAN I
5.      Siswa duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.
6.      Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa.
7.      Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?)
8.      Setiap kelompok mendikusikan pertanyaan berikut
9.      Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada kelompok sebelahnya
10.  Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya.
11.  Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya kepada teman sebelahnya.
KEGIATAN II
12.  Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu jenis tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati tumbuhan tersebut dengan teliti.
13.  Siswa juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang hari dari kaca jendela kelas.
14.  Guru mengajukan pertanyaan:
-          Bagaimana hubungan antara matahari dengan tumbuhan?
-          Bagaimana tumbuhan dapat tumbuh besar dan berkembang biak?
-          Apa peranan matahari bagi kehidupan tumbuhan?
15.  Siswa yang mengangkat tangan diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.
16.  Siswa mendiskusikan jawaban bersama guru secara klasikal.
17.  Guru memberikan penguatan
18.  Siswa kemudian mengamati gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di Bumi. Ingatkan siswa untuk mengamati dengan teliti setiap detail pada gambar tersebut.
19.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
20.  Siswa juga diminta untuk mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain yang telah tertera pada gambar
21.  Siswa kemudian diminta untuk mengubah gambar mereka kedalam bentuk tulisan/cerita .
22.  Siswa diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari yaitu menguapkan zat cair yang terdapat di Bumi.
23.  Siswa digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam, dan kritis untuk dapat memahami hubungan antara matahari dengan kehidupan di Bumi.Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas matahari, berdasarkan instruksi yang terdapat di buku
KEGIATAN III
24.  Saat menunggu proses percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap teks pendek “Kisah Ali si Biji Energi” yang terdapat di buku.
25.  Siswa kemudian menuliskan manfaat matahari bagi kehidupan di Bumi dalam bentuk peta pikiran.
26.  Siswa dibebaskan untuk membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan maupun gambar.
27.  Siswa dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan hasil percobaan tentang pengaruh panas matahari pada zat cair di Bumi.
28.  Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek benda berdasarkan hasil percobaan.
29.  Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk laporan.
30.  Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di buku Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber daya alam.
31.  Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
32.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.
33.  Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka.
34.   Guru memberikan penguatan
35.  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan menuliskannya di buku.
36.  Siswa mendiskusikan jawaban bersama teman.
37.  Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan salah satu sumber daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya.
38.  Siswa saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang teman untuk diberikan masukan.
39.  Siswa kemudian menjelaskan gambar mereka dalam bentuk tulisan. Tulisan yang dibuat harus memuat Sumber daya alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan, serta contoh-contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya.
185 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa menuliskan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa .
2.      Siswa mendapat tugas yang harus dikerjakan di rumah yaitu mengamati pemanfaatan sumber energi matahari di lingkungan rumah dan sekitarnya dan menuliskan hasil pengamatan di buku.
3.      Guru mengajak semua siswa bersyukur atas anugerah Tuhan berupa sumber energi bagi kehidupan bumi.
4.      Kegiatan ditutup dengan Doa
15 menit


E.     Teknik Penilaian

Sikap : Observasi
Pengetahuan : Tes tulis dan lisan
Keterampilan : Kinerja

F.     Instrumen Penilaian
1.      Bahasa Indonesia
Teks Visual
Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Silahkan unduh file wordnya disini
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: RPP Kurikulum 2013 Revisi 2016 Terbaru Kelas IV Tema 2 ST 1 PB 1
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/09/rpp-kurikulum-2013-revisi-2016-terbaru.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Informasi Pendidikan Nasional.