mesothelioma lawyer boston,blog mesothelioma attorneys,arkansas mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,mesothelioma lawyer massachusetts,mesothelioma attorney tennessee,asbestos cancer lawyers

Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran

Posted by Gya Edu Wednesday, August 24, 2016 0 comments

Perbedaan Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran

Perbedaan Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran

Ada beberapa istillah dalam pembelajaran yang wajib diketahui oleh seorang guru. Istillah yang sering digunakan oleh seorang guru atau pendidik dalam dunia pendidikan, diantaranya: strategi pembelajaran, model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran.
Namun, tidak sedikit guru yang tidak bisa membedakan istillah-istillah tersebut. Biasanya istillah strategi, model, dan pendekatan pembelajaran disamakan. Padahal ketiga istillah tersebut berbeda.
Nah, pada postingan kali ini admin akan membahas tentang perbedaan istillah-istillah tersebut. Langsung saja chek this out

1. Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran merupakan suatu pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis berdasarkan prinsif-prinsif pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas,evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa dapat mencapai tujuan-tujuan secara efektif dan efisien.
Strategi terkait dengan kebijaksanaan guru dalam memilih pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran.

2. Pendekatan Pembelajaran
Suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsif dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis, dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu.


3. Model Pembelajaran
 Suatu contoh pola atau struktur pembelajaran siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran juga dikatakan sebagai suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.
Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.



4. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

5. Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran merupakan cara-cara konkrit yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.
Contoh penerapannya:


A. 
Pendekatan                 :Contextual Teaching And Learning
Metode                       :Cooperative Learning
Teknik                        :Diskusi kelompok, inquiry keputakaan, tanya jawab
Model                         :Jigsaw


B.
Pendekatan                  : PAKEM
Metode                        : Tanya Jawab
Teknik                          : Siswa membuat dan menjawab pertanyaan sendiri
Model                           : Snowball Throwing


Nah, demikian apa yang bisa admin bagi pada postingan kali ini, semoga bermanfaat.

  

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran
Ditulis oleh Gya Edu
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://i-pendidikannasional.blogspot.com/2016/08/beda-strategi-model-pendekatan-metode.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

credit for cara membuat email - Copyright of Informasi Pendidikan Nasional.